Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
PELATIHAN SISTEM KESEHATAN INFORMASI KESEHATAN NASIONAL (SIKNAS) ONLINE SE-PROVINSI KEPULAUAN RIAU PDF Print E-mail
Wednesday, 21 August 2013 11:57

Pelatihan Sistem Kesehatan Informasi Kesehatan Nasional (SIKNAS) Online se-Provinsi Kepulauan Riau dilaksanakan di Batam pada tanggal 20 – 23 Agustus 2013. Kegiatan yang diikuti oleh pengelola SIK Provinsi dan seluruh Kabupaten/kota ini dilaksanakan dengan dengan maksud terselenggaranya kegiatan pengelolaan SIKNAS se-Provinsi Kepulauan Riau dalam rangka peningkatan kapasitas pengelola serta persiapan penggunaan SIKDA Provinsi Kepulauan Riau terintegrasi.

Pembangunan Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dalam rangka mencapai Visi Terwujudnya Kepulauan Riau Sehat Sejahtera yang Mandiri dan Berkeadilan dan bertumpu pada potensi daerah tidak bisa dilakukan sendiri oleh sektor kesehatan, tapi harus dilakukan secara holistik bersama stakeholder dan masyarakat. Kegiatan-kegiatan program pembangunan kesehatan yang dilakukan oleh sektor kesehatan maupun non kesehatan yang berhubungan dengan masalah kesehatan merupakan data/fakta yang perlu dicatat dan dikelola dengan baik dalam suatu sistem informasi. Peran data dan informasi program pembangunan kesehatan terasa makin diperlukan guna pengambilan keputusan di setiap program, tahapan dan jenjang administrasi.

Sehubungan dengan hal tersebut perlu adanya suatu sistem informasi yang dapat menyajikan dan menggambarkan secara menyeluruh tentang kondisi dan situasi kesehatan di suatu wilayah, dengan data yang valid, akurat dan lengkap, serta dapat diakses dengan mudah, cepat dan dengan jangkauan yang luas. Sistem tersebut nampaknya hanya bisa dibangun melalui kesepakatan atau komitmen bersama dari tingkat yang paling bawah sampai ke tingkat pusat. Dan sejak direvisinya UU No.22 tahun 1999 menjadi UU No.32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, maka pengembangan sistem informasi akan menjadi lebih dimungkinkan kembali.

Adanya Sistem Informasi Kesehatan (SIK) dapat memberikan dukungan informasi dalam proses pengambilan keputusan di semua tingkat administrasi pelayanan kesehatan. Menjadi pertanyaan bagi kita bersama, bagaimana cara yang praktis untuk mengupayakan agar SIK dapat menjadi alat manajemen yang efektif.

Program Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan dalam Rencana Strategis Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau tahun 2010 – 2015 dengan indikator antara lain ketersediaan Bank Data di Provinsi dan Kabupaten/Kota, Ketersediaan data terpilah, serta pengembangan Website.

Bank Data adalah Suatu sistem komputer untuk mengarsipkan dan menganalisis data kesehatan yang dikumpulkan dari pelayanan kesehatan serta unit yang terkait dengan kesehatan pada tingkat nasional. Melalui sistem ini manajer kesehatan dapat melakukan kueri kompleks dan analisis (contohnya penambangan data, data mining) terhadap informasi tersebut tanpa membebani sistem yang operasional. Diharapkan provinsi dan kabupaten/kota mempunyai Bank Data dengan data yang berkualitas dan tepat waktu yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Kualitas data untuk menjadi dasar pengambilan keputusan juga tergantung oleh model diseminasi dalam bentuk Geografic Information System (GIS). Model ini dapat didukung melalui aplikasi ArcView atau Stat Planet. Untuk menjamin aksessibilitas masyarakat terhadap data kesehatan maka informasi-informasi kesehatan yang telah diramu melalui model diseminasi tersebut diatas maka diharapkan provinsi dan seluruh kabupaten/kota dapat mengembangkan website kesehatan.

Narasumber dalam pelatihan ini adalah Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI, Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi dan Redaksi Kepriprov.go.id merampungkan seluruh materi dalam bentuk ceramah dan praktek. Materi yang disajikan dalam pertemuan tersebut antara lain Kebijakan Pelaksanaan Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) Provinsi Kepulauan Riau, Pengenalan Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) Provinsi Kepulauan Riau, Aplikasi Bank Data Provinsi dan Kabupaten/Kota, Praktek pengisian data pada Bank Data Provinsi dan Kabupaten/Kota, Aplikasi Stat Planet, Praktek pengisian data pada Aplikasi Stat Planet, Aplikasi ArcView, Subtitusi Google Earth pada Aplikasi ArcView, Praktek Aplikasi ArcView, Dasar-dasar penulisan berita melalui Media Website dan terakhir ditutup dengan rencana tindak lanjut.
Last Updated on Friday, 06 September 2013 17:51
 

Site Map